I  
This is an example of a HTML caption with a link.
Home | Pemerintahan

Demo Pilkades, Ancam Boikot Pajak

Kamis, 22 Maret 2012 - 13:29:28 WIB
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Pemerintahan - Dibaca: 1200 kali

Kediri,m8nTera=Ratusan masyarakat yang berasal dari Desa Banyakan, Kecamatan Banyakan, Kabupaten Kediri kembali menggelar aksi unjuk rasa menuntut hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) setempat yang sudah dilaksanakan, pada Rabu (29/2) lalu dibatalkan dan digelar ulang. Kali ini, demo dilakukan di depan gedung DPRD setempat, di Jalan Soekarno Hatta No. 1 Desa Katang, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri.
 
Massa tidak main-main. Mereka mengancam akan memboikot pembayaran pajak tahunan. Itu sebagai konskuensi atas sikap Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri yang tidak bersedia menanggapi aksi unjuk rasa sebelumnya, di depan Kantor Balai Desa Banyakan pada Kamis (1/3) lalu, serta surat nota keberatan warga yang sudah dikirimkan ke pihak Desa Banyakan,  Kecamatan Banyaka, Koramil Grogol hingga Pemkab Kediri.
 
“ Seperti aksi sebelumnya, kami meminta supaya pilkades diulang, karena banyak terjadi kecurangan. Diantaranya adalah adanya silisih surat suara sebanyak 25 lembar dari daftar hadir pemilih. Apabila tuntutan kami tetap tidak diindakan, maka kami akan memboikot untuk tidak membayar pajak tahunan,” tegas Heru Saputro, salah seorang koordinator aksi, Selasa (20/3)
 
Ratusan massa datang ke gedung DPRD Kabupaten Kediri dengan menumpang tiga unit truk. Sebagian dari mereka juga menaiki sepeda motor. Tidak hanya kaum pria, para ibu-ibu dan juga anak-anak ikut dalam unjuk rasa tersebut. Selain menggelar orasi secara terbuka, mereka juga membentangkan poster berisi desakan supaya Pilkades Banyakan diulang. Massa juga membawa keranda mayat. Sebagai bentuk keprihatinan atas matinya hati nurani penyelenggara pemilihan
 
Demo sempat berhenti sejenak karena cuaca hujan. Sebagian dari mereka memilih berteduh.  Kemudian, perwakilan massa sebanyak 10 orang dipersilahkan bertemu dengan Anggota Komisi A DPRD Kabupaten Kediri. Para anggota dewan menyatakan, menerima aspirasi massa dan akan segera menindaklanjutinya.
 
Perlu diketahui bahwa Agung Sutrisno keluar sebagai pemenang Pilkades Banyakan, Kabupaten Kediri dengan mengantongi suara 1.898 suara. Pria yang sebelumnya berstatus sebagai PNS di lingkungan Kabupaten Kediri itu berhasil mengungguli tiga kompetitornya masing-masing, Satpo Aji Widodo, Tri Joko Mandala Bakti dan Subagio. Sementara juga Daftar Pemilih Tetap (DPT) nya yang diperebutkan sebanyak 5.258 orang tersebar di empat dusun antara lain, Dusun Selotopeng 1.426, Dusun Kamal 1.240, Dusun Mergosono 920 dan Dusun Banyakan 943 orang. (nDol)




Komentar : 0

Isi Komentar :

Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)