I  
This is an example of a HTML caption with a link.
Home | Ekonomi

Minimnya Stok, Membuat Harga Cabai Dipasaran Melambung

Kamis, 12 April 2012 - 18:51:24 WIB
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Ekonomi - Dibaca: 794 kali

Kediri,m8nTera=Melonjaknya harga komoditas sayuran, terutama cabai yang menembus kisaran Rp 40 ribu rupiah perkilo dipasaran dikarenakan minimnya stok cabai lokal sekarang ini.

 
Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Kediri Haris Cadra Purnama mengatakan, melonjaknya harga cabai dipasaran, karena saat ini tidak musim panen. “Kalau kenaikan harga cabai, tidak terpengaruh isu kenaikan harga BBM waktu lalu, tapi murni karena musim,” ujarnya.
 
Dalam hal ini, pihaknya tidak bias berbuat banyak, karena untuk komoditi sayuran tidak berlaku operasi pasar seperti halnya kebutuhan pokok. “Kalau operasi pasar hanya mencakup gula, beras, minyak atau kebutuhan pokok lain, untuk komoditas sayuran tidak ada operasi pasar,” ujarnya.
 
Hal yang sama juga diungkapkan Ketua tim pengendali inflasi Bank Indonesia (BI) Kota Kediri Agus Darminto mengatakan karena minimnya stok cabai lokal yang ada, terutama adanya perubahan iklim cuaca memaksa para pedagang harus membeli cabai dari daerah lain, yang harganya relatif lebih mahal. “Curah hujan yang sangat tinggi, membuat petani cabai dikediri merugi, karena cabai yang mereka tanam banyak yang membusuk,” ungkapnya.
 
Berdasarkan catatan dari para anggota tim pengendali inflasi,  kenaikan inflasi di Kediri hingga akhir bulan maret mencapai 0,04 persen. Selain harga komoditas sayuran yang mengalami kenaikan, hal yang sama juga terjadi pada harga material bangunan seperti harga besi, cat tembok dan pasir. “Bukan hanya sayuran, bahan bangunan saja, saat ini juga mengalami kenaikan,” ujarnya.
 
Agus Darminto menambahkan, seharusnya pada akhir Maret lalu, pereknomian di Kediri mengalami devlasi, namun dikarenakan adanya isu rencana kenaikan harga BBM, terjadilah pembelian barang dalam jumlah banyak oleh konsumen. “Kekhawatiran akan isu kenaikan harga BBM, menjadi penyebab naiknya inflasi,” pungkasnya.(iF)




Komentar : 0

Isi Komentar :

Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)