I  
This is an example of a HTML caption with a link.
Home | Hukum & Kriminal

Gelapkan Kabel Perusahaan, 2 Karyawan PT Gudang Garam Dipenjara

Rabu, 18 April 2012 - 18:18:00 WIB
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Hukum & Kriminal - Dibaca: 1903 kali

Kediri,m8nTera=Polres Kediri Kota berhasil mengamankan dua karyawan PT Gudang Garam karena bersama-sama melakukan penggelapan kabel listrik milik perusahaan. Mereka Rudi Samsurizal Sukur (54) warga Kelurahan Sukorame Kecamatan Mojoroto Kota Kediri dan Ahmad Khoirul Sofyan (34) warga kelurahan Dandangan dan dikembangkan berhasil mengamankan Sunarko (40) selaku penadah warga kelurahan bujel Kota Kediri.
 
Kasubag humas polres kediri kota AKP Surono menjelaskan, penangkapan ketiga pelaku atas laporan dari perusahaan jika kabel listrik dibagian gudang sering hilang, padahal dalam pembelian selalu lengkap. “Rudi yang bekerja dibagian TU mengajukan pada bagian gudang, jika ada kebutuhan kabel yang dipenuhi, setelah dibelikan, ternyata kabel itu oleh kedua pelaku dijual kembali,” ujarnya.
 
Setelah dilakukan rangkaian penyelidikan, akhirnya berhasil mengamankan ketiga pelaku bersama barang bukti kabel sepanjang 120 meter yang sudah dijual dan dipotong-potong sepanjang satu meter.
 
Dari hasil pemeriksaan,  akibat kejadian ini, perusahaan menderita kerugian sekitar 51 juta rupiah, karena ketiga pelaku telah melakukan aksinya dan sudah bertransaksi sebanyak 22 kali. “Dari hasil penghitungan penyidik, perusahaan telah merugi sekitar 51 juta rupiah,” ujarnya.

Sementara itu Rudi yang bekerja dibagian TU di gudang unit 3 ini mengaku dalam melakukan aksinya selalu bekerjasama dengan Sofyan, karyawan bagian listrik.  Setelah kabel tersebut oleh perusahaan dibelikan,  selanjutnya dijual kepada sunarko dengan harga 65 ribu perkilo. “Hasil penjualannya kita bagi dua bersama Sofyan,” ujarnya.
 
Karena terbukti melakukan tindak pidana penggelapan, kedua pelaku akan dijerat dengan pasal 374 tentang penggelapan dalam jabatan, dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara. Sementara Sunarko akan dijerat pasal 480 KUHP. (iF)