I  
This is an example of a HTML caption with a link.
Home | Masyarakat

Warga Kaki Gunung Wilis Kesulitan Jamban

Senin, 17 September 2012 - 22:32:02 WIB
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Masyarakat - Dibaca: 835 kali

Kediri,m8nTera=Masyarakat di kaki Gunung Wilis, tepatnya di Lingkungan Lebak dan Tumpang, Kelurahan Pojo, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri memiliki kebiasan membuang air besar ke sungai dan blumbang. Mereka kebanyakan tidak memiliki jamban pribadi.

" Sebagian dari masyarakat masih membuang air besar di blumbang. Semacam kubangan, biasanya untuk memelihara ikan lele. Mereka adalah warga yang belum memiliki jamban pribadi di rumahnya," ujar Ny Jaini, ketua RT 24/RW 5 Lingkungan Tumbang, Minggu (16/09/2012)

Kebiasan membuang 'hajat' di sungai dan blumbang tersebut, kata Ny Jaini sudah berlangsung secara turun-temurun. Tetapi, seiring berjalannya waktu, masyarakat ada yang mulai sadar akan kebersihan. Sehingga, ada diantara mereka yang mulai membuat jamban pribadi di rumahnya.

Kebiasaan ini diakui oleh Erita, salah seorang Anggota DPRD Kota Kediri. Politisi Partai Demokrat itu sudah mengupayakan bantuan jamban umum kepada masyarakat. Tetapi, sampai saat ini jumlahnya masih minim, dan belum dapat dinikmati secara keseluruhan.

" Kami sangat prihatin dengan kondiri masyarakat yang memiliki kebiasaan membuang air besar di sungai. Tahun ini, kami memberikan bantuan sebanyak 10 jamban umum untuk masyarakat. Harapan kami bisa dimanfaatkan secara maksimal," terang Erita. 

Sesuai data yang dihimpun, jumlah penduduk di dua lingkungan tersebut mencapai ratusan Kepala Keluarga (KK). Mereka tinggal tidak jauh dari Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Klotok, Kelurahan Pojok. (nDol)




Komentar : 0

Isi Komentar :

Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)