I  
This is an example of a HTML caption with a link.
Home | Hukum & Kriminal

DIDUGA MELAKUKAN TINDAK PIDANA KORUPSI, PIMPINAN PERMODALAN NASIONAL MADANI (PNM) PARE DITAHAN POLI

Senin, 17 September 2012 - 23:20:59 WIB
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Hukum & Kriminal - Dibaca: 1559 kali

Kediri, m8nTera=Polres Kediri menahan Yanuar Tri Nurbito. Pimpinan PT Permodalan Nasional Madani (Persero) unit Pare Kabupaten Kediri karena diduga melakukan tindak pidana korupsi. Penangkapan pelaku atas laporan dari atasannya jika pada bulan Maret 2010 lalu pelaku telah melakukan penarikan uang negara dengan memanipulasi data debitur. kredit yang  diajukan atas nama Dila Retno Andartiwi yang mendapatkan kucuran dana 130 juta dan Tikno mendapatkan kucuran dana 85 juta. Dengan adanya laporan tersebut,  kemudian polisi melakukan penyidikan dan menetapkan jika penarikan itu telah bertentangan dengan buku manual serta prosedur mutu pembiayaan mikro pada PT PNM.

Pelaku juga memberikan sejumlah sertifikat sebagai jaminan yang ternyata juga fiktif Dengan kejadian ini pelaku telah mengakibatkan kerugian negara sebesar 215 juta Namun, dari jumlah itu sejumlah uang telah dikembalikan dengan tiga kali angsuran  sehingga sisa kekurangannya masih 96 juta lebih.

Kasat Reskrim Polres Kediri AKP Edy Herwiyanto mengatakan sudah menahan pelaku di Mapolres Kediri beserta sejumlah barang bukti berupa dokumen pembiayaan dan dokumen pencairan serta seperangkat computer.

Sementara itu, kepada penyidik  pelaku mengaku terpaksa melakukan korupsi itu karena mempunyai utang sehingga mengambil kredit dari kantor tempatnya bekerja dengan manipulasi data. Akibat perbuatanya Pelaku akan diancam dengan Pasal 2 dan 3 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi dengan ancaman pidana minimal empat tahun / maksimal seumur hidup dengan denda sampai 1 miliar.(iF)