I  
This is an example of a HTML caption with a link.
Home | Hukum & Kriminal

Tipu Dua Guru, Pegawai Puskesmas Diringkus

Kamis, 01 November 2012 - 19:16:56 WIB
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Hukum & Kriminal - Dibaca: 1828 kali

Kediri,m8nTera=Endah Mukti Rahayu (52) diamankan petugas Satuan Reskrim Polres Kediri. Janda yang berprofesi sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Puskesmas Kecamatan Badas, Kabupaten Kediri itu terbukti menipu dua guru honorer bernama Rohmad (40) warga Cangkring, Kabupaten Blitar dan Purwoko (35) warga Desa Tarokan, Kecamatan Tarokan, Kabupaten Kediri
 
Kasi Humas Polsek Pare Kota, Aiptu Lilis Budiarti mengatakan, modus operandi tersangka dalam melakukan penipuan dengan cara menjanjikan dua orang korban menjadi PNS dan pengangkatan kepala sekolah. Kini, tersangka harus mendekam di sel tahanan Mapolsek Pare, untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya.
 
“ Tersangka kita jerat dengan pasal 378 jo 372 KUHP tentang tindak pidana penipuan dengan ancaman hukuman penjara selama lima tahun,” ujar Aiptu Lilis Budiarti, Kamis (01/11/2012)
 
Kepada petugas, tersangka mengenal korban, awal tahun 2012 lalu. Dari perkenalan itu, tersangka mengaku, memiliki kenalan orang penting yang bisa menjadikan Rohmad Kepala Sekolah di wilayah Kabupaten Kediri.
 
Syaratnya, korban harus membayar uang sebesar Rp 35 juta sebagai biaya kepengurusan administrasi. Sementara, Purwoko, guru honorer di SDN Nambaan, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri dijanjikan diangkat menjadi PNS dengan biaya administrasi sebesar Rp 50 juta.
 
Tetapi, setelah korban membayar, janji itu tidak kunjung terwujud. Tersangka malah berusaha menghindari korban. Akhirnya korban melapor ke Mapolsek Pare Kota. Berbekal laporan korban, petugas langsung memanggil tersangka. Kepada petugas, tersangka mengakui perbuatannya.
 
“ Saat kita mintai keterangan, tersangka mengaku, uang dari hasil menipu itu, ia gunakan untuk kepentingan pribadi. Yakni, untuk membayar utang. Sebab, selama ini, tersangka memiliki banyak hutang,” pungkas Aiptu Lilis Budiarti. (nDol)