I  
This is an example of a HTML caption with a link.
Home | Pendidikan

10 Tahun Mangkrak, Gedung Sekolah Jadi Kandang Ayam

Kamis, 28 Februari 2013 - 11:59:55 WIB
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Pendidikan - Dibaca: 672 kali

Kediri,m8nTera=Sebuah gedung Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Kediri dibiarkan mangkrak. Bangunan yang diperkirakan telah berusia puluhan tahun itu kini dijadikan sebagai tempat ternak ayam.
 
Gedung sekolah tersebut merupakan bekas SDN Janti I di Kecamatan Wates. Delapan lokal gedung ini dibiarkan terbengkalai tidak terurus, setelah ditinggalkan oleh sejumlah murid ke sekolah lain.

Kondisi bangunan ini sangat memprihatinkan. Lihat saja. Sejumlah ventilasi jebol, bangku dan kursi rusak parah. Bahkan, beberapa perabotnya hilang dicuri oleh orang tidak bertanggung jawab. Sementara bagian halaman depat tertutup dengan pepohonan dan ilalang setinggi bangunan.

Suparlan, salah satu warga setempat mengatakan, eks gedung SDN Janti I sudah terbengkalai sejak 1992 lalu. Penyebabnya, murid-murid yang sebelumnya menimba ilmu pergi meninggalkan ke sekolahan lainnya.
“ Jumlah muridnya sangat sedikit. Lama kelamaan, mereka pindah ke sekolah lain. Seperti inilah kondisinya sekarang. Tidak terurus. Sebab, pemerintah daerah tidak merawat maupun mengamankannya,” ujar Suparlan, Rabu (27/02/2013)

Hal senada dikatakan Suwardi, mantan guru SDN Janti I. Saat ditemui di tempatnya, Suwardi mengaku banyak siswa yang tidak berminat sehingga pindah ke sekolah lain.

Sejauh ini warga masih bertanya-tanya atas status bangunan bekas SDN Janti I Wates. Warga berharap agar lahan dan bangunan eks SDN Janti I itu dimanfaatkan untuk kebutuhan pasar modern.

Sehari-hari, Suparlanlah satu-satunya orang yang merawat gedung tersebut. Sebab, salah satu lokal ruangan, dimanfaatkan olehnya berternak ayam. Suparlan biasa membersihkan bangunan itu. Tetapi, tidak mengaku, sering kecolongan oleh maling yang mengambil piranti-piranti yang ada. (nng)




Komentar : 0

Isi Komentar :

Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)