I  
This is an example of a HTML caption with a link.
Home | Hukum & Kriminal

Antisipasi Kerusuhan, Polresta Kediri Sidak Lapas

Rabu, 17 Juli 2013 - 12:31:38 WIB
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Hukum & Kriminal - Dibaca: 1852 kali

Kediri,m8nTera=Guna mengantisipasi kerusuhan seperti yang terjadi di Lembaga Pemsyarakatan (Lapas) Tanjung Gusta, Medan, Sumatera Utara (Sumut) beberapa waktu lalu, Polres Kediri Kota melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Lapas setempat, Rabu (17/7/2013).

Sidak dipimpin langsung Kapolres Kediri Kota AKBP Ratno Kuncoro dan melibatkan puluhan personilnya. Kapolres memeriksa seluruh ruang tahanan dan perkantoran Lapas Klas II A Kediri melalui CCTV di Pusat Layanan, Informasi dan Aduan. Pihak kepolisian juga membuat sistem contac person yang dapat dihubungi 24 jam.

" Dalam rangka mempererat koordinasi selaku aparat keamanan Sistem Peraga Pidana atau DCS, polisi, jaksa hakim dan lembaga masyarakat. Kita telah melihat, kemudian kita beri saran pengamanan kepada petugas Lapas," jalas Kapolres di Lapas Klas II A Kediri

Kapolres menyadari persoalan di setiap Lapas hampir sama yaitu, overload (membeludaknya jumlah tahanan yang tidak sebanding dengan kapasitas ruang). Tetapi dengan sistem koordinasi yang intensif dan contac person yang telah dibentuk, apabila terjadi insiden dapat segera ditangani.

" Yang paling penting lagi, kita tingkatkan patroli rutin ke Lapas Klas II A Kediri ini," tegas Kapolres jebolan akademi pasukan khusus FBI itu.

Terpisah Kepala Lapas Klas II A Kediri Agus mengakui, terjadi over capatas tahanan. Untuk itu, pola pengamanan tahanan dilakukan secara ketat dengan patroli keliling dan pemantauan terus melalui CCTV.

Salah seorang petugas Lapas Klas II A Kediri mengatakan, jumlah seluruh tahanan 725 orang. Padahal, kapasitas ruangan hanya 325. Sehingga, terjadi pembeludakan tahanan mencapai 400 orang.

Sesuai data di papan Daftar Isi Hunian diketahui, terdapat lima blok dan dua sel tahanan. Satu blok terdiri dari sebanyak 10 ruang kamar. Sedangkan masing-masing kamar diisi oleh 10-30 orang tahanan.

Lapas Klas II A Kediri baru saja mendapat bantuan dana pembangunan dua lokal ruang. Menurut petugas ruang tambahan itu berada di lantai dua. (nng)