I  
This is an example of a HTML caption with a link.
Home | Hukum & Kriminal

WAWALI AKUI PENCAIRAN DANA KLAIM ASURANSI ATAS PERINTAH WALIKOTA KEDIRI

Selasa, 30 Juli 2013 - 19:52:25 WIB
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Hukum & Kriminal - Dibaca: 1596 kali

Kediri,m8nTera=Wakil Walikota Abdullah Abubakar membeberkan data baru terkait kasus asuransi honorer dan pegawai Pemkot Kediri, yang kini tengah ditangani Kejaksaan Tinggi Jawa Timur. Bukti berupa surat disposisi dari Walikota Samsul Ashar tertanggal 17 April 2009 dengan jelas memerintahkan Wakil Walikota Abdullah Abubakar untuk menyelesaikan masalah asuransi yang dinyatakan melanggar aturan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).
Menurut Wawali, dirinya menjalankan perintah dari Walikota setelah mendapat disposisi dari Walikota.  Ia langsung mengadakan rapat dengan sejumlah pejabat dan pihak asuransi. Dari rapat itu kemudian pihak asuransi bersedia mengembalikan dana klaim asuransi meskipun nominalnya tidak utuh.

Menanggapi isu keterlibatan dirinya dalam kasus asuransi, Abu Bakar menyatakan bahwa yang ia lakukan justru untuk menyelamatkan uang negara. Pencairan dana klaim asuransi langsung melalui rekening Pemkot Kediri bukan ke rekening pribadi Wakil Walikota.

Untuk diketahui, kasus dugaan korupsi asuransi honorer dan pegawai Pemkot Kediri terjadi di era Pemerintahan mantan Walikota Ahmad Maschud.

saat itu Pemkot Kediri mengasuransikan sekitar enam ribu lebih tenaga honorer dan PNS dengan nilai sekitar 4 Milyar Rupiah. Kebijakan itu kemudian disemprit Badan Pemeriksa Keuangan sehingga Pemkot harus memutus kerjasama dan meminta dana yang terlanjur dibayar ke pihak asuransi dikembalikan. Namun pihak asuransi hanya mengembalikan dana klaim sekitar 3, 5 Milyar sedangkan sisanya hingga kini belum terbayar.(iF)