I  
This is an example of a HTML caption with a link.
Home | Hukum & Kriminal

Pemkot Kediri Jamin Bansos Kambing Tak Dikorupsi

Selasa, 07 Januari 2014 - 15:09:26 WIB
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Hukum & Kriminal - Dibaca: 1209 kali

Kediri,m8nTera=Pemerintah Kota (Pemkot) Kediri meyakini bantuan sosial (bansos) untuk para petani miskin, berupa pemberian 460 kambing sudah sesuai. Pemkot menjamin tidak ada pemotongan harga,maupun indikasi korupsi yang dilakukan oleh pejabat.

Kabag Humas Pemkot Kediri, Jawadi mengatakan, bantuan kambing sudah tepat sasaran dan tidak ada kecurangan apapun. Namun, apabila pihakkepolisian membutuhkan keterangan, pemkot sangat pro aktif.

" Tidak ada pemotongan sama sekali. Bansos kambing sudah sesuai,"tegas Jawadi, Senin (30/12/2013)

Jawadi menjelaskan, bansos kambing diserahkan ke 460 petani miskin diKota Kediri. Masing-masing kelurahan mendapat jatah 10 ekor. Sedangkan nilai harga kambing bantuan sebesar Rp 1 juta per ekor.

Mantan Camat Mojoroto itu berkata, bansos kambing merupakan program pemberdayaan masyarakat miskin pada tahun 2013. Ratusan kambing diberikan kepada masyarakat pra sejahtera yang tidak tercover oleh bantuan pemerintah pusat BLSM (Bantuan Langsung Sasaran Miskin), dan
jalin kesra dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

" Sasaran bansos kambing adalah masyarakat pra sejahtera yang tidak menerima bantuan BLSM maupun jalin kesra dari pemprov Jatim. Itu sebab, kita mengadakan 460 ekor kambing untuk mereka," beber Jawadi

Bansos kambing diharapkan dapat mengangkat taraf hidup masyarakat miskin di Kota Kediri. Sebab, kambing yang diberikan hanya cuma-cuma, dan hasilnya dapat dinikmati masyarakat.

" Kalau untuk harga kambing satu ekornya Rp 1 juta. Kita tahu bahwa kambing harga Rp 1 juta, tentu ukurannya kecil. Namun, harapan kami, dalam kurun waktu satu tahun kemudian, kambing sudah tumbuh besar dan berkembang biak," imbuh Jawadi.

Jika kemudian disebut ada pemotongan harga kambing bansos, kata Jawadi sangat tidak relevan. Sebab, harga kambing selalu flutuatif (berubah-ubah). Setiap saat bisa naik dan juga bisa turun.

Seperti diberitakan sebelumnya, Polres Kediri Kota membidik dugaan korupsi program bansos kambing untuk 460 petani. Polisi mensinyalir ada indikasi pemotongan yang mengarah pada tindak pidana korupsi.

Sementara informasi yang didapat, menyebutkan, pemotongan harga kambing bansos mencapai Rp 500-600 ribu per ekor. Pemotongan itu diduga dilakuan oleh oknum pejabat dan tersebar merata
di 46 kelurahan di Kota Kediri. (nng)