I  
This is an example of a HTML caption with a link.
Home | Pemerintahan

Hypermart Kediri Jual Komoditi Tak Standart

Kamis, 09 Januari 2014 - 10:54:24 WIB
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Pemerintahan - Dibaca: 605 kali

Kediri,m8nTera=Petugas gabungan dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur (Jatim) dan Kota Kediri melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Hypermart yang berada di Matahari Town Square Kota Kediri, Rabu (08/1/2014) siang

Dari sidak tersebut, petugas berhasil mengamankan sejumlah komoditi peralatan rumah tangga yang tidak berlabel SNI (Standar Nasional Indonesia). Petugas langsung menyita peralat seperti, setrika listrik dan regulator kompor gas itu untuk diujikan ke Laboratorium Surabaya

Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Perdagangan Dalam Negeri Disperindag Provinsi Jatim, Endang mengatakan, sidak dilakukan sebagai kegiatan rutin. Sementara terhadap toko penjual barang yang tak berlabel SNI akan diberikan pembinaan.

" Tidak semua komoditi wajib SNI. Seperti mainan anak-anak itu, diwajibkan berlabel SNI mulai April 2014 mendatang. Sehingga, kita sifatnya hanya pembinaan," kata Endang disela-sela melakukan sidak di Hypermart Kota Kediri.

Dari temuan petugas, ada sejumlah komoditi peralatan rumah tangga yang hanya berlabel SNI pada kemasannya. Ada pula yang tanpa label SNI baik pada produk maupun kemasannya. Produk-produk tersebut langsung diamankan petugas, guna menghindari resiko terhadap calon konsumen.

" Label SNI ini bisa kita lihat, karena sifatnya embors. Dimana, tulisan itu timbul, dan dapat dilihat secara kasat mata, bukan sebuah stiker," terang Endang menambahkan.

Petugas akan membuatkan berita acara hasil sidak dan berencana menyurati distributor pemasok komoditi tanpa label SNI itu. Harapannya, dalam pengiriman produk nantinya, sudah tidak ada komodoti tanpa label SNI masuk ke pusat-pusat perbelanjaan modern dan tradisional.

Salah seorang pegawai Hypermart Kediri enggan memberikan keterangan terkait temuan sejumlah komoditi tak berlabel SNI itu. Petugas menolak dikonfirmasi dengan alasan sedang melayani petugas disperindag yang tengah memeriksa produk-produk jualannya. (nng)




Komentar : 0

Isi Komentar :

Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)