I  
This is an example of a HTML caption with a link.
Home | Hukum & Kriminal

Kejaksaan Kediri Keberatan Sidang di Pengadilan Tipikor

Sabtu, 25 Januari 2014 - 09:10:39 WIB
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Hukum & Kriminal - Dibaca: 1370 kali

Kediri,m8nTera=Kepala Kejaksaan Negeri Kediri, Amiek Mulandari menyatakan, keberatan persidangan kasus korupsi di Pengadilan Tipikor Surabaya. Alasannya, selain jarak tempuh jauh, sidang sering digelar pada malam hari.

" Karena persidangan kasus korupsi ini hanya di Pengadilan Tipikor Surabaya, seluruh wilayah Jawa Timur sidangnya disana. Banyaknya perkara yang masuk, sehingga kami sering kebagian malam hari. Kita bawa tahanan kesana, kadang sampai disini hingga pukul 23.00-24.00 WIB," keluh Amiek Mulandari, Jumat (24/1/2014)

Amiek berharap, persidangan kasus korupsi bisa dilaksanakan di Kediri. Pengadilan Tipikor Surabaya bisa menunjuk Pengadilan Ngeri (PN) setempat, supaya persidangan bisa lebih efektif.

Ada satu kasus korupsi dari Kejaksaan Negeri Kediri yang kini tengah disingkan di Pengadilan Tipikor Surabaya. Kasus tersebut adalah dugaan pungutan liar (pungli) atau gratifikasi biaya pencatat nikah di KUA Kota Kediri dengan terdakwa Ketua KUA Romli. Persidangan baru memasuki tahap pemeriksaan saksi. JPU menghadirkan saksi ahli dari Universitas Airlangga (Unair) Surabaya.

Kejaksaan juga sedang mendalami proses penyidikan ke Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Kediri. Penyidik menemukan aliran dana gratifikasi ke institusi sebesar Rp 20.000 per peristiwa pernikahan. Sementara data yang didapat kejaksaan, selama kurun waktu satu tahun 2012 tercatat ada 699 peristiwa pernikahan di Kecamatan Kota Kediri.  (nng)