I  
This is an example of a HTML caption with a link.
Home | Hukum & Kriminal

Diduga Selewengkan Jatah Raskin, Puluhan Warga Tuntut Mundur Kasun

Senin, 10 Februari 2014 - 19:26:46 WIB
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Hukum & Kriminal - Dibaca: 1203 kali

Kediri,m8nTera=Sekitar 60an warga Dusun Sukorejo desa Grogol, Kabupaten Kediri mendatangi balai desa setempat, Senin (10/2).  Dalam aksinya mereka menuntut muncur Kepala Dusun Sukorejo karena diduga telah menyelewengkan beras untuk warga miskin (raskin) milik warga.
 
Dengan membawa replika keranda, sebagai tanda matinya hati nurani, puluhan poster berisi kecaman, serta 2 ekor tikus, puluhan warga dari Dusun Sukorejo ini menggeruduk balai desa grogol. Mereka mempertanyakan tentang kejelasan dugaan penyelewengan beras miskin yang dilakukan oleh Sodiq, kepala Dusun Sukorejo.
 
Setelah beberapa menit melakukan orasi serta aksi treatikal di depan balai desa, beberapa perwakilan massa di ijinkan masuk untuk mediasi bersama pihak kecamatan Grogol, Polsek Grogol serta Polres Kediri Kota.

Heru salah satu perwakilan warga mengatakan, banyak bukti atas penyelewengan raskin tersebut. Sudah sering kali Sodiq meminta jatah satu sak kepada ketua RT dari setiap jatah raskin yang dikeluarkan oleh pemerintah. “Kami menemukan bukti sendiri 1 sak beras dan diamankan warga untuk barang bukti,” ujarnya.
 
Menurut Heru, dengan adanya temuan itu, pihaknya bersama warga menuntut Kasun Sodiq untuk mundur. “Saya dan warga tidak ada kata lain selain Sodiq mundur dari jabatannya sebagai Kasun,” tegasnya.

Sementara itu, Sodiq membantah atas tuduhan yang dilakukan sejumlah warga itu. Dia menganggap semua tuduhan tersebut tidak benar. “Tidak benar, saya tidak memungut sepeser pun. Jika memang diusut oleh pihak kepolisian, saya siap,” ujarnya.

Untuk diketahui, sesuai data yang dihimpun, di dusun Sukorejo terdapat sekitar 700 jiwa yang berhak menerima raskin.  Sementara itu kasus ini, nantinya masih akan di tindak lanjuti oleh pihak Kecamatan Grogol serta pihak Polsek Grogol, untuk segera menyelesaikan kasus tersebut.(rIF)